Minggu, 27 September 2015

SEKOLAH REPUBLIK INDONESIA TOKYO

,

東京インドネシア共和国学校
Tokyo Indonesian School



   
Hi guys! Salam kenal dari OSIS SRIT! Sebelumnya mumun ("mimin" mainstream soalnya...hehe) mau nanya nihh. Pada tau Sekolah Republik Indonesia Tokyo nggak? Wah kalo nggak tau berarti nggak gaul :p *eh. Pasti banyak banget yang penasaran kan sama sekolah kita? Apalagi sekolah ini berdiri di negara Jepang yang sekarang di Indo lagi hot banget yang namanya Japanese Culture... Nih sekarang kita jelasin!!!

Sekolah Republik Indonsia Tokyo yang beridiri di negara sakura ini, awalnya bernama "Taman Pendidikan Indonesia". Didirikan pada tanggal 21 April 1962, dan pada tanggal 17 Agustus 1963 Taman Pendidikan Indonesia ini diubah namanya menjadi "Sekolah Republik Indonesia Tokyo".

Terdapat 4 jenjang pendidikan :
1) Taman Kanak-Kanak (TK),
2) Sekolah Dasar (SD),
3) Sekolah Menengah Pertama (SMP)
4) Sekolah Menengah Atas (SMA)

         Sekolah ini menggunakan kurikulum KTSP 2006 dengan tambahan pelajaran Bahasa Jepang (SD s.d. SMA), Budaya Jepang (SMA), dan terdapat 2 native speaker yang mengajar pelajaran Bahasa Jepang & Budaya Jepang, dan Bahasa Inggris. Untuk jenjang SMA, telah dibagi penjurusan IPA/IPS. Sekolah ini juga menggunakan bahasa indonesia setiap harinya.

          Pada hari Senin s.d. Rabu murid SRIT diwajibkan memakai seragam putih biru dengan dasi merah, pada hari Kamis memakai baju olahraga SRIT, dan pada hari Jumat memakai Batik SRIT dengan bawahan biru. Dan khusus saat upacara hari Senin setiap 2 minggu sekali, menggunakan jas biru (kecuali musim panas).

        KBM dimulai dari pukul 09.00. Namun siswa wajib hadir pada pukul 08.45 khusus untuk hari:
1) Senin  : Upacara/Assembly
2) Selasa : Gerakan Literasi
3) Rabu   : English Day
4) Kamis : Olahraga
5) Jumat  : Japanese Day

       Terdapat beberapa ekstrakulikuler, yaitu:
1) Tarian Tradisional Indonesia
2) Menyanyi
3) Floorball
4) Olahraga
5) English Communication Club (ECC)
6) Pencak Silat
7) Angklung

     Apalagi yaa... Kayaknya itu aja sih. Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan kita, tunggu di postingan kita selanjutnya yaa. Mumun pamit undur diri dulu hehehe. Dadaah sayonara!

皆さんこんにちは!東京インドネシア共和国学校の生徒会です。今回は、私たちの学校をみなさんに紹介したいと思います!

東京インドネシア共和国学校は1962年4月21日に設立されました。幼稚園、小学校、中学校と高校があります。授業はインドネシアの教育カリキュラムに従って行われています。科目はインドネシアの学校とほぼ同じですが、日本語と日本文化の授業が追加されています。日本語と英語の授業はそれぞれのネイティブスピーカーが教えています。

月曜日から水曜日までの制服は、幼稚園から高校まで同じの、白ブラウスに紺のスカート/ズボンです。木曜日は学校の体育着、金曜日はインドネシア特有、バティックに紺のスカート/ズボンを着ます。
授業は日本の学校と同じ時から行われます。部活動も様々で、インドネシア舞踊部、合唱部、英会話部、フロアーボール部、体育部の5つです。

以上、東京インドネシア共和国学校の紹介でした!

        Hello everybody! I would like to explain about our school (Tokyo Indonesian School)

        "Taman Pendidikan Indonesia" was established in 21st April 1962. On 17 August 1963 "Taman Pendidikan Indonesia" changed its name to Sekolah Republik Indonesia Tokyo (Tokyo Indonesian School). Tokyo Indonesian School Curriculum are the same with Indonesian Curriculum. There are Kindergarden, Elementary School, Junior High School, and High School. There are many extracurriculars such as Floorball Club, Sports Club, English Communication Club, Choir Club, and Indonesian Traditional Dance Club. 

Our uniform are:
1) For Monday to Wednesday : White shirt, Dark Blue Skirts/Pants, Dark blue blazer and red tie
2) For Thursday : Sport Uniform
3) For Friday : Batik (indonesian traditional clothes) and Dark blue skirt/pants

    We started school at 8.45 am.
Thank you for reading our blog, Have a nice day :)

Account Social Media SRIT :
1. Instagram : @sritokyo atau https://www.instagram.com/sritokyo/?hl=en
2. Youtube : Sekolah Republik Indonesia Tokyo - Tokyo Indonesian School atau https://www.youtube.com/channel/UCRWgYuTZfuUiJAkBi6PpjQg

25 komentar:

  1. Bang, mau tanya boleh ya, untuk syarat2 pendaftaran, waktu pendaftaran utk siswa baru kelas 2SD dan TKB, bisa dilihat dimana ya? Saya cari2 gak ketemu official web nya SRIT, makasih sebelumbya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas emailnya ! Untuk pindah bersekolah di SRIT syaratnya sama saja dengan pindah sekolah di Indonesia, administrasi pokok yang diperlukan adalah surat pindah dari sekolah atau dinas pendidikan setempat, rapor dan mengisi formulir disini. untuk informasi lebih lanjut bapak dapat berkirim imel ke srit1962@gmail.com atau telfon ke 03-3711-8842
      Mohon maaf atas keterlambatan menjawabnya

      Hapus
  2. halo, salam kenal. Mau tanya ttg pengajar disana. Pengajar disana domisili asli di jepang atau dikirim dari Indonesia? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Pengajar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo dikirim dari Indonesia. Pengajar yang dikirim adalah para pengajar yang mengikutites SILN.Terima Kasih :)

      Hapus
  3. assalamualaikum. boleh saya minta kontak sekolah atau osis nya ? saya ingin melakukan kegiatan PPL di SRIT. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarokatu. Silahkan kontak ke kepala sekolah SRIT via email ozziesusiandari@yahoo.com
      Terima Kasih

      Hapus
  4. Ohs. Saya alumni srit thn 1990 s.d 1995. Baca artikel diatas sudah banyak berubah ya. Untuk guru bahasa jepangnya apa masih kumiko sensei?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arigatou Gozaimasu! Kak Satrio! Kami sangat penasaran dengan keadaan srit pada masa itu. Guru bahasa jepang kami yukiko sensei.

      Hapus
  5. Hi, kalau mau ngundang tim angklung atau tari Saman untuk ngisi acara di Tokyo bisa ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyaannya dan mohon maaf atas keterlambatan untuk menjawab pertanyaan :(. Mengenai hal mengundang team angklung dan team Saman SRIT silahkan langsung kontak kepada kepala sekolah SRIT via email ozziesusiandari@yahoo.com :)

      Hapus
  6. assalamualaikum, mau nanya murid sekolah nya ada berapa orang ya ?? trus yang sekolah disana emang cuma orang indonesia saja ?? terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam,terima kasih atas pertanyaannya ! Murid di sekolah ini kurang lebih berjumlah 80 murid. Yang bersekolah di sekolah ini adalah orang Indonesia yang tinggal di Jepang :)

      Hapus
  7. Assalammualaikum. Mau tanya, Kebetulan sekolah kami akan mengadakan kunjungan program ke Tokyo pada bulan maret 2018, apakah bisa kami berkunjung ke SRIT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, terima kasih atas pertanyaannya ! Mengenai hal kunjungan ke sekolah kami silahkan langsung kontak ke emai sekolah srit1962@gmail.com atau telfon ke 03-3711-8842 Terima kasih :)

      Hapus
  8. mohon maaf mau bertanya?
    untuk kegiatan pembelajarannya setiap semester dimulai dan berakhir pada bulan apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya! maaf baru dapat membalas pertanyaan anda sekarang :( Semester satu dimulai pada Juli~Desember dan semester dua dimulai pada Januari~Juni.

      Hapus
  9. Salam, maaf mau bertanya, kalau persyaratan pindah sekolah dari Indonesia ke SRIT untuk SMP apa saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Salam dari kami juga dan terima kasih atas pertanyaannya! Yang dibutuhkan saat pindah:
      1. Surat pindah dari sekolah anda dan dari dinas,
      2. Rapot asli dan harus lengkap,
      3. Fotokopi ijazah dan SKHUN sebelumnya dan fotokopi akta lahir,
      4. Print out mutasi DAPODIK,
      5. File foto 3x4 murid tersebut,
      6. Mengisi formulir yang akan dikasih oleh sekolah kami disaat murid datang ke sekolah kami.
      Informasi yang lebih mendalam, dapat dihubungi ke osissrit15@gmail.com

      Hapus
  10. maaf mau tanya..klo pindahan dri SMA indonesia ke sekolah Indonesia di japan bisa nggak..?? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya, pindahan dari SMA Indonesia dapat masuk ke sekolah kami dengan syarat dan ketentuan yang ada, informasi lebih lanjut dapat dihubungi ke osissrit15@gmail.com

      Hapus
  11. bagaimana administrasi dan tempat tinggal bagi anak dari indonesia, sedangkan tidak seorang pun memiliki keluarga disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya dan maaf telat membalas pertanyaan anda, maaf, SRIT tidak memfasilitasi administrasi dan tempat tinggal untuk siswa.

      Hapus
  12. bagaimana administrasi dan tempat tinggal bagi anak dari indonesia, sedangkan tidak seorang pun memiliki keluarga disana

    BalasHapus
  13. Permisi mau tanya saya kan tahun depan sudah lulus smp bisa gak yah nyambung ke sma srit

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

SEKOLAH REPUBLIK INDONESIA TOKYO

東京インドネシア共和国学校 Tokyo Indonesian School     Hi guys! Salam kenal dari OSIS SRIT! Sebelumnya mumun ("mimin" mainstream ...